Fadel Muhammad Apresiasi Ramainya Pembukaan Fakultas Kedokteran

Tak Berkategori

INFO NASIONAL – Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad mengapresiasi dan menyambut baik sejumlah perguruan tinggi yang ramai-ramai membuka Fakultas Kedokteran. Apresiasi, itu diberikan karena kebutuhan terhadap tenaga medis, khususnya dokter dan layanan rumah sakit memang masih sangat besar, terutama di Indonesia bagian Timur.

Di sana, ketersediaan dokter, dan rumah sakit masih belum sebanding dengan kebutuhan yang sangat besar dari masyarakat. Bahkan rasio antara jumlah dokter dengan jumlah penduduk di Indonesia, termasuk yang terendah ditingkat Asean. 

Karena itu ketersediaan tenaga medis khususnya dokter dan rumah sakit harus menjadi perhatian semua pihak termasuk perguruan tinggi. Apalagi, perguruan tinggi adalah satu-satunya  tempat yang berhak dan bisa melahirkan para dokter. Bukan hanya perguruan tinggi di Pulau Jawa, tetapi juga perguruan tinggi di Indonesia timur, sesuai daerahnya  yang memang membutuhkan banyak tenaga dokter. 

“Semua pihak harus mengambil peran, bukan hanya pemerintah, tapi juga swasta. Seperti yang pernah saya lakukan, bekerjasama dengan yayasan  Alkhairaat, dalam berkontribusi mendirikan rumah sakit di Palu, Menado dan Gorontalo,” kata  Fadel Muhammad menambahkan. 

Pernyataan itu disampaikan Fadel Muhammad, saat dimintai tanggapannya terkait  banyaknya perguruan tinggi yang mendirikan Fakultas Kedokteran. Tanggapan tersebut disampaikan  di sela kunjungannya ke Kota Malang Jawa Timur, Sabtu, 12 Agustus 2023. Menurut Fadel, perguruan tinggi yang mendirikan Fakultas Kedokteran itu, tidak boleh  hanya berfikir soal kuantitas, tapi juga kualitas yang baik dan dapat bersaing antara satu fakultas kesehatan dengan fakultas kesehatan lain, termasuk para lulusannya. 

Iklan

“Kualitas itu sangat penting, karenanya harus dipersiapkan dan dipertimbangkan secara masak-masak. Sekarang mari kita dukung,  agar rencana perguruan tinggi melahirkan para dokter, itu bisa berjalan dengan baik, sesuai yang diharapkan,” ucapnya. 

Fadel berharap, hadirnya Fakultas Kedokteran di berbagai universitas di Indonesia, akan menjawab kebutuhan dokter baik secara kualitas maupun kuantitas. Hadirnya Fakultas Kedokteran juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

Seperti diketahui, beredar kabar, bahwa sejumlah perguruan tinggi marak membuka fakultas kedokteran (FK). Perguruan tinggi itu antara lain Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Padang, dan Universitas Negeri Semarang (UNNES). Salah satu yang mendorong perguruan tinggi, itu membuka fakultas kedokteran adalah, menjawab  kebutuhan tenaga kesehatan di Indonesia.(*)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *