3 Fakta Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023: Anthony Ginting Berpotensi Absen, PBSI Targetkan 3 Gelar

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Tim bulu tangkis Indonesia akan bertanding di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023 pada pekan depan. Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi ajang tersebut.

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023 bakal digelar di Kopenhagen, Denmark mulai 21-27 Agustus 2023. Sebanyak 15 wakil Indonesia dikirim untuk berlaga di turnamen tersebut, dengan rincian empat wakil dari ganda putra, dua wakil di tunggal putri, serta masing-masing tiga wakil di sektor tunggal putra, ganda putri, dan ganda campuran. 

Tempo merangkum tiga fakta terbaru dari persiapan tim bulu tangkis Indonesia menjelang keberangkatan ke Denmark. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Anthony Sinisuka Ginting Berpotensi Absen

Pelatih tunggal putra Indonesia Irwansyah belum bisa memastikan keikutsertaan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting di Kejuaraan Dunia 2023. Saat ini, atlet berusia 26 tahun itu masih dalam kondisi berduka dengan meninggalnya sang ibunda pada Rabu, 9 Agustus lalu. Ia belum kembali berlatih hingga Senin, 14 Agustus 2023 dan berpotensi absen.

“Segera nanti diumumkan, nggak sekarang dulu. Memang masih mau didiskusikan lagi. Kondisinya masih berduka, karena semua tidak mungkin memburu-buru,” ujar dia saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Senin, 7 Agustus. 

2. Daniel Marthin Alami Masalah Mata

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Daniel Marthin mengalami masalah pada matanya menjelang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023. Pasangan dari Leo Rolly Carnando itu mengeluhkan minus dan silindernya yang semakin parah.

“Saya ada kendala mata minus dan silindernya semakin parah. Silinder empat di mata kiri dan dua di mata kanan. Lalu untuk minus, empat setengah di mata kanan dan dua di mata kiri,” tuturnya.

Iklan

Atlet berusia 22 tahun itu sempat berencana untuk lasik mata, namun batal karena bentuk korneanya tidak memungkinkan. Solusinya saat ini adalah dengan menggunakan kontak lensa khusus. Ia pun bakal menemui dokter pada Rabu, 16 Agustus mendatang.

“Hari Rabu, dokter katanya mau meminjamkan kontak lensa, cuma belum sesuai ukuran minus dan silindernya dengan mata saya. Tetapi, saya mau pakai dulu aja sih soalnya makin ke sini makin mengganggu,” tutur Daniel.

3. PBSI Targetkan 3 Gelar Juara

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Rionny Mainaky menargetkan tim bulu tangkis Indonesia meraih tiga gelar juara di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023. Tiga sektor yang menjadi andalan adalah tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putra.

“Saya ingin tiga gelar juara, tapi (minimal) dua lah. Kalau dilihat dari latihan, persiapan, memang dengan kacamata saya yang turun juga di lapangan, para atlet memang benar benar habis-habisan,” ucapnya.

Rionny memiliki harapan tersendiri kepada pebulu tangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung menyusul penampilannya dalam beberapa turnamen terakhir yang meningkat.

“Saya harapkan Gregoria ini dia kondisinya bagus, saya ingin dia juara dunia. Mungkin dengan melihat komentar seperti ini membuat dia tambah semangat, jangan dijadikan beban,” kata Kabidbinpres PBSI ini.

Pilihan Editor: Sumardji: Piala AFF U-23 2023 Tetap Penting Meski Bukan Prioritas PSSI



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *