Sejumlah Raksasa Teknologi Silicon Valley Bakal Ikut Bangun IKN

Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara (FOTO ANTARA/M Risyal Hidayat).

Sejumlah perusahaan raksasa teknologi AS dilaporkan bakal ikut membangun sistem digital pada pengelolaan gedung-gedung yang dibangun di IKN Nusantara. Raksasa teknologi yang ikut dalam kerja sama yakni Cisco, Autodesk, serta ESRI.

Hal tersebut berdasarkan kerja sama yang diteken dengan sejumlah petinggi Badan Otorita IKN saat mengunjungi pusat teknologi Silicon Valley di San Fransisco, California, Amerika Serikat, Senin (13/11/2023).

“Kerja sama ini dalam rangka mewujudkan IKN sebagai smart city,” kata Ali Berawi, Deputi Teknologi Hijau dan Digital OIKN, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/11/2023).

Ia mencontohkan kerja sama dengan Cisco yang bisa menjadikan gedung-gedung di IKN nanti punya sistem digital dari sisi pengolahan data dan keamanan terpadu. 

Ali mengatakan, bukan hanya dengan perusahaan-perusahaan dari AS, IKN juga menjalin kerja sama dengan perusahaan dari sejumlah negara besar lainnya. Sebab dalam pembangunan IKN, kolaborasi banyak pihak mutlak diperlukan, termasuk para perusahaan raksasa teknologi di pusat teknologi dunia, Silicon Valley ini.

Ini yang akan Digarap Raksasa Teknologi Silicon Valley di IKN

Vice President Engineering Sustainability Office Cisco Denis Lee Yeh mengatakan, pihaknya selama ini sudah banyak melakukan hal-hal untuk mendukung sistem keberlanjutan dan ramah lingkungan bagi kehidupan manusia. Caranya, dengan pembangunan pusat data, smart building dan ruang kerja dan internet untuk masa depan.

Cisco adalah perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi perangkat jaringan, telekomunikasi, dan penyediaan layanan solusi teknologi. 

Cisco akan berpartisipasi dalam instalasi perangkat kota cerdas seperti pengembangan jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT) bagi pengumpulan, pengiriman dan pemanfaatan data dan informasi di lapangan. Pengembangan sarana dan prasarana teknologi jaringan konektivitas ini akan bermanfaat bagi berbagai solusi teknologi cerdas seperti pengelolaan air dan energi, manajemen transportasi, bangunan pintar, dan pengelolaan kota. 

Baca Juga  PTPN III dan Pertamina NRE Sepakat Komersialisasi Kredit Karbon

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatanganan MoU bersama Senior Director, Autodesk Government Affairs and Public Policy, Allison Rose. Autodesk adalah perusahaan yang memproduksi berbagai perangkat lunak dan menyediakan layanan solusi digital. Solusi Autodesk digunakan untuk perancangan, pembangunan, dan pengoperasian proyek infrastruktur. 

Allison mengatakan, Autodesk akan berpartisipasi dalam membantu OIKN dalam merancang kota yang layak huni dan dicintai. Teknologi Autodesk akan membantu peningkatan kinerja perencanaan kota melalui visualisasi, optimasi, dan simulasi perencanaan gedung, ruang publik, dan infrastruktur yang meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pengelolaan proyek pembangunan.

Otorita IKN, sekaligus menandatangani MoU dengan ESRI Director of Global Business Development, Dean Angelides. ESRI yang merupakan perusahaan perangkat lunak berbasis sistem informasi geospasial.

Nantinya, ESRI akan berpartisipasi dalam mengembangkan teknologi analitik berbasis spasial. Teknologi tersebut dimanfaatkan untuk pemetaan, pemantauan, pengindraan jauh, dan pengelolaan data spasial. Melalui teknologi informasi geospasial tersebut, dapat membantu OIKN dalam perencanaan tata ruang dan pertanahan IKN. 

Hal ini dinilai akan membantu OIKN dalam perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan kota. Pemanfaatan data dan informasi geospasial dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan sumber daya alam seperti air, hutan, satwa liar,dan biodiversitas, memitigasi risiko bencana, dan lain sebagainya. 

Sumber: Republika.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *