PKSS Siap Penuhi Kebutuhan Pekerja Profesional di Luar Grup BRI

Melihat krusialnya pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dan penyediaan tenaga kerja yang kompeten,  perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan SDM dan penyediaan tenaga alih daya  profesional harus bisa mengambil peluang itu. Kebutuhan bisnis akan satu sistem terintegrasi sekaligus menjamin profesionalitas dan  manajemen tim perusahaan mumpuni itulah yang dibidik oleh PT Prima Karya Sarana  Sejahtera (PKSS).

Berdiri sejak tahun 1999, PKSS yang merupakan perusahaan anak Yayasan  Kesejahteraan Pekerja BRI (YKP BRI) dan Dana Pensiun BRI telah berhasil membangun  reputasi sebagai penyedia layanan jasa pengelolaan SDM yang efisien dan terpercaya di tingkat  nasional.

Direktur Utama PT Prima Karya Sarana  Sejahtera Revi Rizal Latif mengatakan, melalui pendekatan yang berfokus  pada kecocokan antara kebutuhan perusahaan dan keterampilan karyawan, PKSS telah  mampu membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional.

“Aktivitas merekrut dan menyalurkan tenaga kerja sangat mudah dilakukan. Tapi, mengelola  tenaga kerja profesional yang siap ditempatkan di perusahaan yang membutuhkan itu tidak bisa  sembarangan. Terlebih lagi saat ini industri yang bertumbuh sangat kompetitif dan banyak  model bisnis baru, semisal startup teknologi. Kami sudah sangat siap menyediakan kebutuhan  mereka,” ucap Revi di Jakarta (27/02/2024).

Revi mengklaim, PKSS mengedepankan profesionalisme dalam  menghadirkan berbagai solusi SDM  berintegritas dan berdaya saing untuk  memajukan perusahaan mitra.  “Nilai yang menjadi corporate culture PKSS adalah PRIORITAS (Profesional, Reliabel, Integritas, Orientasi Bisnis dan Kepuasan Pelanggan serta Inovasi  dan Kreativitas), ” ujarnya. 

Senada, Direktur Bisnis PT Prima Karya Sarana  Sejahtera Rahman Arif menambahkan, dengan pengalaman sejak 1999,   PKSS memiliki 34 jaringan kerja yang tersebar di seluruh Indonesia dan sudah teruji mengelola  sumber daya manusia lebih dari 50.000 pekerja dan bersinergi dengan lebih dari 300  perusahaan baik BUMN, perusahaan swasta nasional maupun multinasional. “PKSS  mengembangkan sumber daya manusia perusahaan mitra dengan tiga solusi terpadu, yakni  Man Power Outsourcing (MPO), Business Process Outsourcing (BPO) dan Knowledge Process  Outsourcing (KPO),” ujar Rahman.

Baca Juga  Ace Buka Toko Terbesarnya di Bandung

Lini MPO akan menyediakan SDM yang profesional dan ahli di bidangnya bak itu untuk  pemasaran, IT, manajer, pengamanan dan bidang lainnya dengan metode penyaringan yang  sangat ketat sekaligus menyediakan asesmen bisnis. Sedangkan lini BPO menyediakan solusi  layanan SDM yang mampu menjalankan pelaksanaan fungsi strategi bisnis perusahaan mitra  seperti pengelolaan penggajian tunjangan dan pajak, pengelolaan asuransi, pengelolaan  administrasi, layanan keamanan dan pendataan. Lalu, KPO yang akan menyediakan solusi layanan untuk meningkatkan pengetahuan SDM  melalui pelatihan dan pendidikan sehingga mampu menjalankan pelaksanaan fungsi atau tugas  bisnis strategis perusahaan.

Melalui solusi layanan yang terpadu di bidang pengelolaan SDM, PKSS kata Rahman, akan  mendorong perusahaan mitra agar fokus pada pengembangan dan efisiensi bisnis.  “Para pemimpin bisnis melakukan alih daya fungsi SDM untuk menyederhanakan operasi  mereka, namun terkadang proses ini malah menyebabkan proses pengelolaan melibatkan  banyak vendor yang memakan waktu. Kami, bisa meminimalkan itu karena layanan kami yang  terpadu dan terintegrasi,” ujarnya.

Sementara, Direktur Operasional dan Keuangan PT Prima Karya Sarana  Sejahtera Rudy Andimono menjelaskan, PKSS telah  tumbuh menjadi mitra perusahaan untuk mengembangkan aspek bisnis perusahaan lebih efisien. PKSS telah mengintegrasikan  solusi digital dalam layanan outsourcing perusahaan. Seperti, Aplikasi dashboard  Manage Service Sales untuk memantau pencapaian penjualan layanan yang dikelola, E-archive untuk pengelolaan arsip secara digital dan E-recruitment untuk mengoptimalkan proses  perekrutan (Talent Pooling). Sebagai tambahan kami juga memiliki tenaga kerja profesional di  bidang SDM dan psikolog yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan demikian, solusi layanan  terpadu ketenagakerjaan dan SDM yang kami tawarkan sangat efektif dan efisien.

Menurut Rudy, proses yang dilangsungkan PKSS berusaha menjamin terciptanya sumber  daya manusia dengan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian terbaik serta terjamin karena  perseroan memiliki sertifikasi berstandar nasional dan internasional meliputi ISO 27001:2013  (Informasi Security Manajeman System) ISO 9001:2015 (Sistem Manajemen Mutu), ISO  14001:2015 (Sistem Manajemen Lingkungan), ISO 45001:2018 (Sistem Manajemen  Keselamatan dan Kesehatan Kerja), ISO 37001:2016 (Sistem Manajemen Anti Penyuapan),  dan SMK3 PP50 Tahun 2012 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Baca Juga  Kinerja ADMR September 2023 di Tengah Fluktuasi Harga Batubara

PKSS juga tergabung dalam 5 Asosiasi terbesar di Indonesia yaitu KADIN  (Kamar Dagang Indoesia), ABADI (Asosiasi Bisnis Alih Daya Indonesia), APSI (Asosiasi  Profesi Satpam Indonesia), ABUJAPI (Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan), dan  APKLINDO (Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia). PT PKSS yakin tidak hanya  dapat mencetak tenaga kerja yang berkompeten dan siap untuk disalurkan serta siap bersaing  di pasar kerja nasional tetapi juga memiliki sumber daya yang tidak kalah saing di tingkat  internasional.

“Ke depan, PKSS siap melayani klien dari luar Grup BRI lebih banyak, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Selama ini PKSS melayani 70% klien Grup BRI dan 30% dari luar di berbagai sektor industri, seperti perbankan, keuangan, perdagangan, agribisnis, logistik, kementerian dan lembaga pemerintahan serta lainnya,” jelas Revi.

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *