Kolaborasi Ini Perkuat Teknologi Satelit Indonesia

PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), perusahaan satelit swasta pertama di Indonesia, bermitra dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk memperkuat satelit di Indonesia. Melalui kesepakatan ini diharapkan semakin memperkuat ekosistem teknologi satelit dan penginderaan jauh berbasis hasil riset di Indonesia.

Direktur Utama PSN Adi Rahman menjelaskan Indonesia memiliki potensi dan kompetensi yang mumpuni dalam pemanfaatan teknologi satelit dan penginderaan jauh untuk berbagai kebutuhan. Hal ini ditunjukkan dengan status Indonesia sebagai pemilik satelit terbanyak di Asia Tenggara. Melalui penandatanganan ini diharapkan semakin meningkatkan kemampuan Indonesia dalam bidang antariksa sekaligus katalisator teknologi satelit di Asia Tenggara.

“Dengan pengalaman PSN lebih dari 32 tahun dalam industri satelit serta dipadupadankan bersama keahlian BRIN pada riset, Indonesia diharapkan mempunyai kapabilitas, bukan hanya membeli dan menggunakan, tapi juga membangun satelit sendiri,” kata Adi dikutip dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/10/2023).

Kolaborasi ini juga diharapkan dapat menghasilkan suatu kajian untuk menjadi landasan bagi pemerintah dalam membuat kebijakan ruang angkasa. Adi mengungkapkan teknologi satelit telah mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini dibuktikan dengan mudahnya serta biaya yang terjangkau untuk membangun satelit. Ditambah lagi pemanfaatan ruang angkasa akan dilakukan secara besar-besaran pada 2030 mendatang.

“Menyambut 100 tahun Indonesia, sebagai pelaku industri kami ingin ada kebijakan tentang ruang angkasa. Ke depannya, cara pemanfaatan ruang angkasa akan sangat berbeda dan bukan tidak mungkin Indonesia bisa membangun satelit penginderaan,” ucap Adi.  

Deputi Bidang Pemanfaatan Riset & Inovasi BRIN R. Hendrian menambahkan BRIN menyambut positif kolaborasi dengan PSN. BRIN mempunyai pandangan bahwa pelaku industri merupakan salah satu mitra strategis. Dengan pentingnya posisi pelaku industri, BRIN telah membentuk Direktorat Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Industri. Direktorat ini dapat berkolaborasi dalam berbagai bidang, mulai dari  satelit hingga hortikultura.

Baca Juga  Naik 2 Kali Lipat, Seminggu Uji Coba Parkir Non Tunai  Bandara Ngurah Rai 

“Pelaku industri merupakan mitra terpenting bagi BRIN. Semoga dalam payung kerja sama ini nantinya turut membahas tentang kebijakan dan posisi Indonesia di bidang antariksa,” kata Hendrian.

Melalui kerja sama ini, PSN dan BRIN akan berkolaborasi dalam penelitian, pengembangan dan pengkajian bersama, serta pemanfaatan hasil di bidang teknologi satelit dan penginderaan jauh. PSN dan BRIN juga dapat memanfaatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) serta sarana dan prasarana yang dimiliki kedua pihak sesuai dengan ketentuan yang disepakati bersama.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *