DSC Dorong Pemuda Berikan Dampak Positif Lewat Bisnis

Penting bagi pemuda untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan kemampuan berkreasi dan berinovasi. Founder & Business Development Director PT Sari Kreasi Boga Tbk, Nilamsari mengatakan, selain harus bersaing dengan brand asing, entrepreneur juga dapat mendorong peningkatan perekonomian Indonesia dengan memanfaatkan bonus demografi untuk menggerakkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Jangan biarkan brand asing mendominasi, kita harus memanfaatkan bonus demografi dan meningkatkan perekonomian Indonesia melalui UMKM hingga ke ranah internasional,” ujar Nilamsari dalam Media Gathering Pemuda Indonesia Berani Berwirausaha yang merupakan rangkaian acara Diplomat Success Challenge Season 14 di Kemang, Jakarta (25/10/2023).

Di sisi lain, entrepreneur juga dihadapkan dengan tantangan di era informasi yang begitu cepat dan penuh dinamika. “Di tengah semua kompleksitas ini, membangun inisiatif bisnis sebagai entrepreneur adalah langkah yang mampu memberikan dampak positif pada masyarakat luas,” ujar Co-founder Plepah, Rengkuh Banyu menambahkan.

Dia menjelaskan bila bisnis yang digagas memiliki orientasi pada Sustainable Development Goals (SDGs) seperti menghadapi perubahan iklim, meningkatkan dampak ekonomi di berbagai lapisan masyarakat, atau memberikan dukungan kepada mereka dengan kebutuhan khusus, menjadi sesuatu yang patut diapresiasi.

Hal ini menjadi peranan khusus pemuda dalam membangun bisnis, yang tidak hanya memberikan keuntungan pribadi, tetapi juga memberikan dampak bagi lingkungan sekitar. Bahkan pada isu-isu yang dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Senada dengan Nilam dan Rengkuh, Chief Operating Officer Nama Beauty, M. Jupaka juga mendorong pemuda untuk memulai perjalanan berwirausaha.

Jupaka mengatakan bahwa era digital membuka peluang bagi pemuda dan pemudi Indonesia untuk berkarya, bukan hanya bagi perusahaan, tetapi juga untuk bangsa. “Disruptifnya pasar saat ini menjadi tantangan, dan momen Sumpah Pemuda menjadi momentum yang pas bagi generasi muda untuk bersuara,” tuturnya.

Baca Juga  MAP Buka Gerai Ketiga Brand Asal Denmark Flying Tiger Copenhagen

Dalam rangka mendorong lebih banyak entrepreneur di Indonesia, Diplomat Success Challenge (DSC) berkembang menjadi ekosistem dan movement kewirausahaan bagi para calon entrepreneur. DSC Season 14 memberikan kesempatan pelaku bisnis dalam mengembangkan bisnisnya lebih jauh dengan menghibahkan dana sebesar Rp2,5 miliar.

Pada DSC Season 14 tercatat 29.780 proposal dan terpilih 2.500 vlog pitch dan kemudian terpilih lagi 450 challengers yang dinilai memiliki nilai/DNA paham, piawai, dan persona serta kesesuaian dengan manifesto DSC Season 14. Dari sini, para Challengers akan melangkah ke tahap National Selection.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *